Rabu, 13 Juli 2011

Motherboard

Peralatan dalam CPU
Pernahkah anda bertanya, apa saja yang terdapat di dalam sebuah CPU? Dan apa saja nama peralatan-peralatan tersebut? Berikut ini adalah peralatan-peralatan yang ada dalam CPU komputer.
1. Mainboard (motherboard)
Motherboard (mainboard), adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen-konponen lainnya diantaranya processors, memori, video graphic acceleration (VGA), souncard dan lain-lain dalam slot-slot/soket yang tersedia. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.

Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
Untuk tipe-tipe board ini banyak sekali. Namun kualitas motherboard ini ditentukan dengan chipset yang tertanam didalamnya seperti SIS, Nvidia Nforce, INTEL, VIA dan lainya. Papan elektronik yang digunakan untuk meletakkan kartu (card) elektronik dan peralatan internal lainnya. Contohnya: Asus dan DFI
2. I/O Card

I/O card sangat diperlukan pada computer dengan processor Intel 486 (80486) atau compatible ke bawah. Karena pada computer dengan prosessor setingkat itu peralatan input dan output masih belum terintegrasi dalam motherboard, sehi ngga I/O card sangat dibutuhkan untuk menghubungkan dengan LPTI (printer), COM2(modem), pin ke harddisk dan CD-ROM/CD-RW serta pin ke disk drive.
3. SCSI Card
SCSI card mempunyai fungsi hampir sama dengan I/O card, namun SCSI card digunakan untuk menghubungkan harddisk dan CD-ROM / CD-RW jenis SCSI. Sedangkan pada I/O card digunakan untuk harddisk dan CD-ROM / CD-RW jenis IDE. SCSI card ini sangat dibutuhkan pada computer yang tidak memiliki soket pin untuk harddisk atau CD-ROM / CD-RW jenis SCSI, trutama sekali pada computer untuk digunakan sebagai server atau terminal. SCSI card harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga I/O card. Alat ini digunakan sesuai kebutuhan, bila computer anda ingin ditambahkan harddisk atau CD-ROM/CD-RW dengan jenis SCSI, anda dapat menambahkan alat ini.
4. VGA (Video Graphic Adapter)


VGA adalah kartu elektronik yang digunakan untuk menampilkan hasil input ke dalam monitor, contohnya Vodoo, Asus, dan S3. kini VGA tidak hanya berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pada layar monitor, bahkan fungsinya telah dikembangkan lagi untuk menghasilkan keluaran atau tanpilan 3-D yang sangat baik untuk program permainan (game). VGA card terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
  • VL-BUS VGA card
  • VESA VGA card
  • ISA VGA card
  • PCI VGA card
  • AGP VGA card
5. Processor


Lempengan khusus yang berisi rangkaian IC atau Integrated Circuit, yaitu kumpulan transistor yang terpadu dalam satu silikon, contohnya Intel, AMD, dan Cyrinx. Processor digunakan untuk memproses data atau program yang dimasukkan melalui input device. Alat ini hanya dapat mengenal angka biner (0 d an 1) yang pada sistem informasi komputer dikonversikan sebagai ON dan OFF. Jika angka 0 yang keluar akan dikenal dengan OFF dan angka 1 akan dikenal d engan ON. Pada awalnya, processor dibuat dengan ukuran 8 bit, namun kini di pasar sudah t erdapat processor dengan ukuran 64 bit.
6. RAM (Random Acces Memory)

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Pertama kali dikenal pada tahun 60′an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
7. Catu Daya (Power Supply)
Alat yang digunakan untuk menerima listrik dari sumber (PLN) dan menyebarkannya ke seluruh bagian pada CPU. (Power Supply sebagai penghubung antara arus tegangan tinggi ke listrik (instalasi listrik) dengan arus tegangan rendah (instalasi elektronik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar